Variasi Menu Diet Keto Seminggu yang Bisa Kamu Coba

Variasi Menu Diet Keto Seminggu yang Bisa Kamu Coba.Beberapa tahun belakangan ini istilah diet keto sedang cukup populer. Terutama di kalangan pemerhati kesehatan dan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Diet keto dianggap sebagai salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Oleh karena itu, banyak orang yang langsung mencoba menerapkan metode diet ini dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang berhasil, tapi tidak jarang juga yang tidak berhasil menurunkan berat badan dengan diet keto. Pasalnya, untuk mendapatkan hasil yang diimpikan, kamu tidak boleh melakukan diet keto sembarangan. Ada serangkaian cara dan menu diet keto yang harus kamu pahami agar tubuh tetap mendapatkan kecukupan nutrisi setiap harinya. Jika kamu ingin menerapkan diet keto, yang telah kita rangkum dalam Batesmiller

yang disupport oleh IDN Poker Asia

 

Apa Itu Diet Keto

Diet ketogenik atau diet keto adalah pola makan yang mengurangi karbohidrat dan meningkatkan konsumsi lemak sehat, seperti alpukat dan ikan berlemak, atau sumber-sumber lemak baik lainnya. Prinsip yang melatarbelakangi diet keto ini yaitu bahwa tubuh menggunakan dua sumber bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari, yaitu glukosa (gula) dan keton (lemak). Diet keto ini dnilai ampun untuk mengurangi berat badan dengan membuat tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energinya.

Variasi Menu Diet Keto Seminggu

Pada awalnya metode diet keto dgunakan untuk anak-anak yang mengidap epilepsi dan kebal obat. Pasalnya, jenis diet ini mampu mengurangi frekuensi kejang. Selain itu, diet keto juga bermanfaat untuk membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2, mengurangi resiko penyakit jantung, serta mengurangi risiko terkena gangguan sistem saraf.

Tahapan Diet Keto

Ada tiga tahapan yang harus djalankan saat mulai melakukan diet keto. Untuk itu, jika kamu ingin mulai melakukan diet keto sebaiknya pahami dulu mengenai ketiga tahapan ini agar hasilnya optimal. Berikut ini pembahasan Qoala mengenai tahapan diet keto.

1.Tahap Induksi

Tahap pertama ini dlakukan untuk mendorong tubuh mencapai kondsi ketosis, yaitu kondsi dmana tubuh beradaptasi menggunakan lemak sebagai sumber energinya. Cara untuk memulai tahap ini yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat dan makanan hewani, seperti telur, daging, ayam, dan ikan hingga 10 gram per hari. Lalu, kamu dsarankan untuk melakukan puasa selama 16 – 18 jam. Selama masa puasa ini kamu tetap danjurkan untuk menjaga asupan air dan minuman tanpa kalori agar tubuh tidak dehidrasi. Tahap induksi ini biasanya berlangsung selama 2 – 3 hari.

2. Tahap Konsolidasi

Tahap konsolidasi adalah tahap kedua ketika mulai menjalani det keto. Pada tahap ini kamu sudah dperbolehkan untuk mengonsumsi sayuran dan sumber protein nabati, namun masih belum dsarankan untuk mengonsumsi buah-buahan. Tetapi jika pada tahap ini konsumsi sayuran menyebabkan gula darah menjadi lebih dari 90 mg/dl, maka kamu harus kembali ke tahap induksi lagi. Tahap konsolidasi ini perlu dlakukan selama 1 minggu sampai 1 bulan.

3. Tahap Pemeliharaan

Pada tahap pemeliharaan ini bisa dkatakan tubuh telah beradaptasi dengan membakar lemak sebagai sumber energi. D tahap ketiga ini kamu juga sudah dperbolehkan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, namun asupan karbohidrat dbatasi hanya maksimal 20 gram per hari. Selain itu, jika kamu menjalani diet keto, kamu dsarankan untuk mengecek kadar gula darah secara rutin dan dsiplin menjaga kadar gula darah agar tidak lebih dari 90 mg/dl. Kemudan, untuk asupan nutrisi yang dsarankan pada tahap ini adalah adalah 75% lemak dengan 25% protein dan 10% karbohidrat