Inilah Perbedaan Antara Internet Banking dan Mobile Banking

Inilah Perbedaan Antara Internet Banking dan Mobile Banking

Inilah Perbedaan Antara Internet Banking dan Mobile Banking – Perbankan Elekronik E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah kegiatan yang melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Di era modern yang serba digital sekarang ini, kita dimudahkan dengan inovasi teknologi.

Perbankan bergerak (bahasa Inggris: mobile banking) merupakan salah satu layanan yang di sediakan bank untuk nasabah. Dengannya, nasabah bisa melakukan transaksi perbankan tanpa harus ke cabang bank, melainkan cukup dengan media ponsel. Seperti kemudahan dalam transaksi keuangan yang di kembangkan perbankan. Kalau dulu mungkin kita harus ke bank atau ke ATM untuk mentransfer atau membayar sesuatu.

Namun kini sudah ada internet banking dan mobile banking yang memudahkan kita melakukan pembayaran atau transaksi keuangan lainnya hanya dengan menggunakan handphone (HP). Meski sekilas mirip dan memiliki fungsi yang sama, Dilansir dari idn poker ada loh perbedaan internet banking dan mobile banking. Apa saja perbedaannya?

1. Berbeda cara mendaftar
Ini Perbedaan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Di lansir dari laman Bank Danamon, cara mendaftar layanan mobile banking cukup mudah. Setelah selesai mengunduh aplikasi mobile banking, kamu harus mengirim SMS sesuai dengan format yang di tentukan oleh pihak bank tempat kamu membuka rekening.

Kemudian, setelah aplikasi benar-benar terpasang, buatlah identitas dan password yang akan kamu gunakan seterusnya ketika mengakses layanan perbankan.

Saat ini, layanan mobile banking bisa kamu buat ketika baru pertama kali membuka rekening di suatu bank. Pihak bank akan membantu kamu melakukan aktivasi layanan mobile banking pada smartphone.

Sementara untuk internet banking, kamu terlebih dahulu harus mendaftar melalui ATM atau pada bank yang bersangkutan secara langsung. Kamu hanya harus memasukkan kartu debit lalu masukkan pin. Selanjutnya pilih internet banking dan mendaftar sesuai dengan panduan.

Selesai mendaftar, langkah terakhir adalah aktivasi internet banking dengan cara login ke situs bank.

2. Berbeda cara mengakses internet dan mobile banking
Ini 3 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Untuk mengakses internet banking, kamu harus membuka situs bank. Sementara untuk mengakses mobile banking, ada dua cara yang bisa di lakukan.

Pertama adalah dengan mengunduh aplikasi mobile banking terlebih dahulu melalui HP kamu. Kedua, kamu bisa memanfaatkan menu provider. Tapi, hanya provider tertentu saja yang bisa di gunakan untuk mengakses layanan mobile banking.

3. Kelebihan internet banking dan mobile banking
Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking | Lebih Aman Mana? |  Jalantikus

Internet dan mobile banking bisa untuk bertransaksi seperti cek saldo, transfer, mutasi rekening, bayar tagihan listrik, telepon, dan transaksi lainnya.

Kelebihan utama dari internet banking adalah tidak ada instalasi aplikasi yang memberatkan kinerja smartphone kamu,  karena bisa di akses melalui situs bank langsung asalkan ada internet.

Untuk melakukan transfer, kamu juga hanya harus login ke situs bank, memasukkan nomor rekening tujuan, serta nominal yang akan di transfer. Informasi terkait kartu kredit termasuk tagihan, saldo, transaksi, serta informasi lain bisa dengan mudah di ketahui melalui internet banking.

Sementara kelebihan mobile banking tidak hanya akan di rasakan oleh para nasabah, tetapi juga pihak bank. Bagi nasabah, aplikasi mobile banking sangat aman karena kamu akan mendapatkan SMS ketika di temui aktivitas yang di lakukan oleh orang lain, di mana aktivitas tersebut berhubungan dengan setoran, tarikan, dan transfer uang.