Cara Bertahan di Posisi Berdiri dengan Tangan

Cara Bertahan di Posisi Berdiri dengan Tangan.Berdiri dengan tangan (handstand) membutuhkan latihan untuk membangun kekuatan, menguasai teknik gerakan, dan keseimbangan. Bagi para pemandu sorak, pesenam, atau yogi, belajar melakukan pose berdiri dengan tangan dapat membantu Anda dalam berkonsentrasi, memelajari tehnik keseimbangan, dan menguasai keterampilan yang lebih tinggi, seperti gerakan salto ke depan. Namun setelah Anda belajar cara melakukan pose berdiri dengan tangan, Anda juga perlu mengetahui cara menahannya agar tidak jatuh. Untuk itu, Anda perlu membangun kekuatan tubuh bagian atas, berlatih memosisikan tangan di lantai, dan melakukan tendangan ke atas sebelum memulainya. yang telah kita rangkum dalam batesmiller

disupport oleh IDN Poker Asia

Lakukan pose berdiri dengan tangan menggunakan teknik yang benar.

Agar Anda dapat menahan pose berdiri dengan tangan, pertama-tama Anda harus menggunakan teknik yang benar pada saat melakukan pose ini. Jika tidak dimulai dengan dasar yang kuat, akan sulit menahan pose ini untuk waktu yang lama. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  • Berdiri tegak dengan kedua lengan lurus ke atas, seakan-akan menempel di telinga Anda.
  • Berdiri dengan kedua telapak kaki direnggangkan selebar bahu.
  • Melangkah ke depan dengan kaki yang dominan. Posenya seperti setengah jalan menuju posisi menyerang (menahan tubuh dengan melangkahkan satu kaki ke depan.)
  • Majukan tubuh Anda sedikit ke depan sambil menjaga agar punggung Anda tetap lurus. Kaki Anda yang tidak dominan harus naik lebih dahulu.
  • Letakkan kedua telapak tangan Anda di lantai dengan jarak selebar bahu.
  • Angkat kaki yang tidak dominan ke atas, diikuti oleh kaki yang dominan.
  • Luruskan kedua kaki Anda sambil menjaga agar punggung dan tubuh Anda tetap lurus.

Berusahalah melakukan tendangan lurus ke atas.

Agar Anda dapat menahan pose berdiri dengan tangan lebih lama, berusahalah melakukan tendangan lurus ke atas menggunakan kaki yang tidak dominan untuk memulainya. Kebanyakan orang mengira bahwa mereka sudah menendang lurus ke atas pada saat mulai melakukan pose ini, padahal kaki mereka hanya naik 80-85% persen saja ke atas. Ini karena mereka takut akan jatuh ke belakang. Namun jika Anda berusaha menendang setinggi mungkin sampai tubuh Anda lurus, atau bahkan jika kaki Anda melakukan tendangan sampai lurus dengan tubuh Anda, akan jauh lebih mudah menjaga agar tubuh Anda tetap lurus atau cukup menyesuaikannya sedikit saja dibandingkan jika Anda tidak melakukan tendangan yang cukup tinggi.

  • Mintalah bantuan orang lain untuk merekam pada saat Anda berlatih atau memperhatikan Anda melakukan latihan untuk memberi tahu apakah Anda sudah melakukan tendangan dengan benar.
  • Anda juga dapat berlatih menggunakan dinding dengan jarak 30 cm. Dengan begitu, akibat terburuk yang mungkin terjadi jika Anda menendang terlalu tinggi hanyalah sebatas menyentuhkan jari kaki Anda di dinding. Cara ini juga akan membuat Anda mampu mengenali sampai sejauh mana sesungguhnya tendangan kaki Anda.
Tekanlah jari-jari tangan Anda di lantai untuk mendapatkan cengkeraman yang kuat di lantai.

Mungkin Anda mengira seluruh kekuatan akan bertumpu pada pergelangan tangan Anda, padahal yang terpenting adalah Anda harus membuat tekanan menggunakan telapak tangan dan semua bantalan pada jari-jari tangan Anda, seakan-akan Anda sedang menekan lantai sambil mencengkeramnya pada saat yang bersamaan.

  • Jika Anda memusatkan seluruh tekanan hanya dengan bertumpu pada pergelangan tangan, ada kemungkinan akan timbul cedera dan semakin sulit menjaga keseimbangan. Selain itu, Anda akan kehilangan keseimbangan dan terjatuh ke belakang.

Pindahkan berat Anda ke jari-jari tangan dan kedua telapak tangan Anda agar tetap seimbang.

Kiat untuk bertahan pada posisi berdiri dengan tangan bukanlah menjaga agar tetap diam setelah tubuh Anda naik ke atas, tetapi Anda harus mengetahui cara melakukan sedikit penyesuaian tubuh untuk mempertahankan keseimbangan. Cara agar bisa bertahan di posisi ini adalah dengan melawan gerakan tubuh menggunakan tangan. Jika kaki Anda terasa akan jatuh ke depan melewati kepala Anda, tekanlah ujung jari-jari tangan Anda untuk mengembalikan lagi tubuh Anda ke tengah. Jika terasa seperti akan jatuh kembali ke posisi semula. Tekanlah agak kuat di telapak tangan bagian bawah untuk meluruskan lagi tubuh Anda.

  • Anda juga dapat berjalan sedikit dengan tangan untuk melawan arah jatuhnya tubuh Anda. Jika kedua kaki Anda seperti akan jatuh melewati kepala Anda, geserkan sedikit tangan Anda ke depan; Tubuh Anda seperti akan jatuh lagi ke posisi semula, geserkan tangan Anda sedikit ke belakang.
  • Jika tubuh Anda terasa miring, gerakkan tangan Anda ke sisi yang sama. Gunakan tangan untuk menyeimbangkan arah tubuh Anda, maka Anda dapat bertahan di posisi berdiri dengan tangan lebih lama.