Begini Cara Hemat Atur Keuangan di Bulan Ramadhan

Begini Cara Hemat Atur Keuangan di Bulan Ramadhan,Banyak yang berpikir jika selama bulan puasa pengeluaran akan lebih hemat, sebab hanya makan sahur dan berbuka puasa saja. Sementara jatah buat jajan makanan atau kopi dapat dilakukan berbarengan dengan makan malam.

https://batesmiller.com/

AGEN388 INDONESIA

Namun, jika dihitung kembali, biaya pengeluarannya tidak jauh berbeda di bulan-bulan biasanya. Malah, terkadang pengeluarannya bisa jauh lebih besar lagi.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pengeluaran selama bulan ramadhan jauh lebih boros. Dari mulai kebutuhan harian untuk sahur dan berbuka puasa, undangan berbuka puasa bersama hingga belanja menjelang lebaran. Jika tidak pandai dalam mengatur, bisa-bisa terjadi pembekakan biaya selama bulan ramadhan.

Agar pengeluaran selama bulan ramadhan tetap terkontrol dan bebas dari pemborosan yang merugikan, ada beberapa tips hemat mengatur keuangan selama bulan puasa. Simak ulasannya berikut ini!.

1. Buat daftar menu berbuka dan sahur sebulan penuh

menu menu buka puasa dan sahur

menu untuk buka puasa dan sahur untuk satu bulan penuh. Tujuannya supaya bisa lebih mudah untuk mengatur menu apa saja yang ingin dikonsumsi selama bulan ramadhan. Tujuan lainnya, agar memudahkan untuk menghitung berapa besar pengeluaran yang diperlukan untuk menu makanan selama ramadhan sesuai kebutuhan.

2. Tahan diri untuk tidak berbelanja ketika sedang lapar

Sangat disarankan untuk tidak berbelanja ketika sedang lapar. Pasalnya, hal tersebut akan membuat seseorang cenderung menjadi lebih “lapar mata”. Sehingga berkeinginan untuk membeli semua makanan sebanyak-banyaknya agar dapat memuaskan rasa laparnya.

Sementara, apa yang dibutuhkan untuk berbuka puasa tidaklah banyak. Bukankah hal ini hanya akan mubazir dan buang-buang uang?

3. Kurangi pemakaian kartu kredit

kurangi pemakaian kartu kredit Kurangi pemakaian kartu kreit

Satu hal yang perlu dtekankan dalam penggunaan kartu kredt adalah kartu ini berfungsi hanya sebagai alat pembayaran saja. Bukan sebagai pebghasilan tambahan yang bisa dgunakan sesuka hati. Karena penggunaan kartu kredt yang kurang bijak dapat mengakibatkan konsekuensi finansial yang berat dmasa mendatang.

Sehingga, ketika memiliki niat untuk belanja lebih saat bulan Ramadhan, maka sangat dsarankan untuk menabung lebih dulu. Hal ini bisa dmulai beberapa bulan sebelum masuk bulan ramadhan, agar keinginan belanja lebih tidak membebani finansial. Ketika kita mengetahui jumlah saldo yang bisa dgunakan berbelanja, maka ini bisa menghindarkan dri jeratan utang kartu kredt.

4. Kurangi keinginan ngabuburit di luar rumah

Kalau memang benar-benar ingin lebih hemat saat bulan puasa, maka pastikan untuk membatasi keinginan buka puasa atau ngabuburit di luar rumah. Karena kebiasaan ini cenderung membuat pengeluaran jadi lebih boros. Apalagi jika memilih buka puasa di restoran.

Tentunya, kita bukan hanya ingin membeli makanan saja, bisa jadi ada rasa ingin mampir ke pusat perbelanjaan yang sedang memberikan banyak diskon. Hal inilah yang akan membuat jiwa konsumtif kita semakin diuji.

5. Lebih cermat saat acara berbuka bersama

Lebih cermat saat buka puasa

Momen Ramadhan kerap manfaatkan sebagai ajang untuk silaturahmi dengan kerabat dekat maupun jauh. Tidak mengherankan jika banyak undangan berbuka bersama yang datang ke rumah. Sebenarnya menghadri acara berbuka bersama bukan masalah yang besar.

Begini Cara Hemat Atur Keuangan di Bulan Ramadhan,Akan tetapi, pengeluaran bisa saja membengkak jika ternyata masih ada pengeluaran lain yang kita lakukan sehabis acara buka bersama tersebut. Karena itulah, anggaran untuk acara berbuka bersama juga sangat perlu untuk datur dengan baik.